Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan dalam Pembelajaran Kimia pada Siswa Kelas X MAN Model Bukittinggi

Kadir, Iftitah Rahmi (2012) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan dalam Pembelajaran Kimia pada Siswa Kelas X MAN Model Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Iftitah Rahmi Kadir_02010.pdf] Text
final_B1_Iftitah Rahmi Kadir_02010.pdf

Download (558kB)

Abstract

Permasalahan umum yang sering dihadapi siswa dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru adalah kurangnya keikutsertaan siswa secara lansung ke dalam pembelajaran tersebut. Pembelajaran yang masih terpusat pada guru menyebabkan siswa kurang aktif selama pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan suatu metode Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan. Metode ini diduga dapat meningkatkan aktivitas siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif, kreatif dan bersemangat selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2011/2012 MAN 1 MODEL Bukittinggi. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik convenience sampling. Teknik ini digunakan karena sampel yang digunakan dari populasi tertentu merupakan sampel paling mudah dijangkau atau didapatkan. Setelah didapat satu kelas eksperimen yang dianggap cocok untuk diterapkan metode pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan, kemudian ditentukan kelas yang diperkirakan memiliki varians yang homogen dan rata-rata sama dengan kelas eksperimen dan diperoleh kelas X f sebagai kelas eksperimen dan kelas X sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil penelitian terlihat bahwa tidak adanya perbedaan signifikan yang terjadi pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan dan kelas yang mrnggunakan metode konvensional. Hasil uji hipotesis yang digunakan adalah uji t’ pada taraf kepercayaan 0,05 didapatkan t’ hitung e = 1,646 dimana t-hitung berada pada selang 2,00< t <2,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran aktif tipe berbagi pengetahuan tidak memberikan pengaruh signifikan pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X MAN 1 MODEL Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MAN 1 Model Bukittinggi,Pembelajaran Aktif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:02
Last Modified: 17 Sep 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24640

Actions (login required)

View Item
View Item