Problematika Pembelajaran Membaca Pemahaman di SMP Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Muaro Bungo Provinsi Jambi.

Hadijah, Hadijah (2011) Problematika Pembelajaran Membaca Pemahaman di SMP Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Muaro Bungo Provinsi Jambi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HADIJAH_72554_1608_2011.pdf] Text
final_B1_HADIJAH_72554_1608_2011.pdf

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan gambaran umum
tentang permasalahan pembelajaran membaca pemahaman yang dialami guru dan
siswa di SMP Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Muaro Bungo Provinsi
Jambi. Berdasarkan pengamatan di lapangan ada kecenderungan siswa SMP
Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Muaro Bungo Provinsi Jambi memiliki
pemahaman membaca yang rendah. Rendahnya kualitas membaca pemahaman
siswa diduga dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran membaca pemahaman yang
belum berjalan dengan baik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Informasi kunci pada penelitian ini adalah guru bahasa
Indonesia dan siswa kelas VIII. Untuk mengumpulkan data yang lengkap
digunakan teknik pengamatan, wawancara, dan pemberian angket pertanyaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran
membaca pemahaman di SMP Negeri 1 Tanah Sepenggal Kabupaten Muaro
Bungo Provinsi Jambi ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi guru dan
siswa. Permasalahan yang dihadapi guru diantaranya: (1) cara mengajar, (2)
mengelola kelas, (3) penguasaan materi, dan (4) hasil belajar. Masalah yang
dihadapi siswa antara lain: (1) kebiasaan belajar siswa, (2) keterampilan belajar
siswa, dan (3) kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:01
Last Modified: 17 Sep 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24638

Actions (login required)

View Item
View Item