Addian, Muhammad (2010) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Standar Kompetensi Sistem Pendingin Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Bangkinang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUHAMMAD_ADDIAN_80644_762_2011-tek.pdf [thumbnail of final_B1_MUHAMMAD_ADDIAN_80644_762_2011-tek.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUHAMMAD_ADDIAN_80644_762_2011-tek.pdf
Download (231kB)
Abstract
Salah satu masalah yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktoryang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri. Penelitian ini mengkaji masalahhubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada standarkompetensi sistem pendingin siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif SMKNegeri 1 Bangkinang. Penelitian ini bersifat deskriptif, yang bertujuan untukmengetahui seberapa besar kekuatan hubungan antara variabel kecerdasanemosional dan variabel prestasi belajar. Penyusunan kajian pustaka bertitik tolakdari teori-teori dan hasil penelitian yang relevan, kerangka konseptualmenghasilkan rumusan hipotesis yaitu “terdapat hubungan yang berarti antarakecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa pada standar kompetensisistem pendingin di SMK Negeri 1 Bangkinang jurusan teknik Otomotif”.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Bangkinangyang terdiri atas 119 orang dan sampelnya diambil sebanyak 25% dari populasiyaitu 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data terlebih dahulu telah dilakukanuji coba kevalidan item dengan rumus product moment dan reliabilitas(keterpercayaan item) dengan menggunakan teknik belah dua (split half method).Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresilinearitas, analisis korelasi product moment serta koefisien determinasi. Hasilanalisis menunjukkan bahwa korelasi antara kecerdasan emosional denganprestasi belajar cenderung tinggi dengan 11,78 pada taraf signifikan 95% sertabesarnnya hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar adalah64,16%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin baikkecerdasan emosional siswa, maka prestasi belajarnya akan semakin baik pula.Hal ini diharapkan motivasi guru yang mengajar dan membimbing siswa untuklebih melatih kecerdasan emosional menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KECERDASAN EMOSIONAL, PRESTASI BELAJAR, TEKNIK OTOMOTIF |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 08:01 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24636 |