Peningkatan Hsil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Plus Aisyiyah 1 Nanggalo Kota Padang

Mariski, Idem (2011) Peningkatan Hsil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD Plus Aisyiyah 1 Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_IDEM_MARISKI_83278_2011.pdf] Text
final_B1_IDEM_MARISKI_83278_2011.pdf

Download (231kB)

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SD Plus Aisyiyah 1 Kec. Naggalo Kota Padang masih bersifat satu arah yaitu guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran. Siswa hanya dijadikan pendengar apa yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran seperti ini mengakibatkan hasil belajar IPA siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi masalah ini peneliti mencoba menerapkan pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada siswa kelas V SD Plus Aisyiyah 1 Nanggalo Kota Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil observasi, hasil tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas V SD Plus Aisyiyah yang berjumlah sebanyak 22 orang.. Rata-rata Hasil analisis data tentang rencana pembelajaran pada siklus I diperoleh sebesar 87,5%. Sedangkan hasil rata-rata dari pengamatan aspek guru siklus I diperoleh hasil sebesar 68,3%. Sementara itu rata-rata hasil analisis pengamatan yang diperoleh dari aspek siswa siklus diperoleh sebesar 66,6%. Hasil analisis data yang diperoleh mengalami peningkatan pada siklus II dimana pada siklus II rata-rata rencana pembelajaran yang diperoleh adalah 95%, sedangkan rata-rata pengamatan aspek guru siklus 2 adalah 93,4% dan rata-rata hasil pengamatan aspek siswa diperoleh hasil 88,4%. Hasil analisis yang diperoleh untuk kemampuan kognitif adalah 67,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 80,45 pada siklus II Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunaka pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:00
Last Modified: 17 Sep 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24629

Actions (login required)

View Item
View Item