Pengaruh Pemanfaatan Jeda Strategis Menggunakan Karikatur Humor terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Mekanik Otomotif pada Pelajaran Teori di SMK Negeri 2 Solok.

Athuri, Muhamad (2011) Pengaruh Pemanfaatan Jeda Strategis Menggunakan Karikatur Humor terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Mekanik Otomotif pada Pelajaran Teori di SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MUHAMMAD ATHURI-85640-2012.pdf] Text
final_B1_MUHAMMAD ATHURI-85640-2012.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang sering ditemukan dalampembelajaran terutama pada pelajaran teori di SMK adalah munculnya kejenuhan ataukebosanan, dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar, sehingga hasil belajar kurangoptimal. Kondisi tersebut diperparah dengan persepsi siswa yang menganggap bahwapelajaran praktik lebih penting dari pada pelajaran teori, padahal pelajaran praktik danteori adalah satu kesatuan yang saling melengkapi. Selain itu, strategi yang diterapkanguru dalam mengajar cenderung monoton, kurang menarik dan membosankan. Penelitianini bertujuan untuk mengungkapkan (1). Apakah terdapat pengaruh jeda strategis dengankarikatur humor terhadap hasil belajar, (2). Apakah jeda strategis dengan karikatur humordapat menciptakan pembelajaran menyenangkan.Penelitian ini menggunakan pendekatan quase eksperimen untuk melihatperbandingan hasil belajar yang menggunakan jeda strategis dengan karikatur humor dantanpa jeda strategis. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian mekanikotomotif SMKN 2 Kota Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2008/20009 dan teknikpenentuan sampel adalah purposive sampling dengan dua kelas sampel yaitu kelaseksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI MO3 yang menggunakan jeda strategis dengankarikatur humor adalah sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MO2 tanpamenggunakan jeda strategis sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanak 40 butirsaol. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rataBerdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa hasil belajar siswa menggunakan jedastrategis dengan karikatur humor memiliki nilai rata-rata (64.832) yang lebih tinggi jikadibandingkan siswa tanpa jeda strategis (55.156).sedangkan dari perhitungan uji t adalah3.66. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima padataraf signifikansi 0.5%. Selain itu, analisis lembar observasi tentang reaksi siswa padasaat pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen siswa tertawa (89.1%), tersenyum(86.8%), bertanya (39.3%), dan diam saja (1.81%). Pada kelas kontrol siswa tertawa(4.11%), tersenyum (5.97%), bertanya (2.31%), dan diam saja (83.54%). Jadi dapatdisimpulkan bahwa jeda strategis dengan karikatur humor selain dapat meningkatkanhasil belajar siswa dan juga dapat menciptakan pembelajaran menyenangkan di kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KARIKATUR HUMOR, HASIL BELAJAR SISWA, MEKANIK OTOMOTIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Sep 2025 07:58
Last Modified: 17 Sep 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24614

Actions (login required)

View Item
View Item