Sari, Ira Prima (2011) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Koloid di SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_IRA PRIMA SARI_84188_2011.pdf [thumbnail of final_B1_IRA PRIMA SARI_84188_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_IRA PRIMA SARI_84188_2011.pdf
Download (672kB)
Abstract
Koloid merupakan salah satu pokok bahasan kimia yang dipelajari di kelas XI SMA. Kurangnya aktivitas dan motivasi siswa dalam belajar menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran inkuiri dan eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri dan eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Penelitian dilakukan di kelas XI SMA N 8 Padang tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, sehingga didapat kelas XI IA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA 3 2 sebagai kelas kontrol. Dari analisis data hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 68,16 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 62,75. Melalui uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh harga t = 2.16 dan harga t tabel = 1,67 pada α= 0,05 dengan dk = 71. Dengan demikian t hitung , artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar siswa kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri dan Eksperimen, Pokok Bahasan Koloid |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:58 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24608 |