Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI SMA N 1 Payakumbuh

Muharram, Da’i (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI SMA N 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_I_MUHARRAM_83127_2326_2014.pdf] Text
final_B1_I_MUHARRAM_83127_2326_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi dilapangan, pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XI SMA N 1 Payakumbuh kurang optimal. Penggunaan metode ceramah oleh guru mendominasi kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hipotesis yang akan diuji dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Mind Mapping lebih efektif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XI SMA N 1 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA N 1 Payakumbuh sebanyak 8 kelas dengan jumlah siswa 254 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPS I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 30 orang. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes dan dokumen nilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang belajar dengan metode Mind Mapping memperoleh nilai rata-rata 79,67 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode konvensional yang memperoleh nilai rata-rata 71,42 pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XI SMA N 1 Payakumbuh. Dari perhitungan uji t didapat ttabel adalah 1,67 sedangkan t-hitung adalah 4,4007 (t-hitung > t-tabel). Dengan demikian hipotesis yang dikemukan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 0,05. Jadi belajar menggunakan metode Mind Mapping lebih efektif dari pada belajar menggunakan metode konvensional yaitu dapat meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XI SMA N 1 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,SMA Negeri 1 Payakumbuh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 17 Sep 2025 07:57
Last Modified: 17 Sep 2025 07:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24606

Actions (login required)

View Item
View Item