Rozana, Hutri (2011) Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Gerak Mata dan Tangan Melalui Memasukkan Tali Sepatu Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Amal Bakhti Sicincin. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HUTRI_ROZANA_87879_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HUTRI_ROZANA_87879_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HUTRI_ROZANA_87879_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di lapangan yaitu pada seorang anak tunagrahita ringan kelas D I/C yang mengalami gangguan dalam mengkoordinasikan gerak mata dan tangan. Dari hasil identifikasi dan asesmen, anak mengalami kesulitan dalaam kegiatan di sokolah seperti menyusun balok- balok, memasang kancing baju, memasang tali sepatu. Maka dari itu peneliti berupaya membantu untuk meningkatkan kemampuan koordinasi gerak mata dann tangan memalui memasukkan tali sepatu. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan memasukkan tali sepatu dapat meningkatkan kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak tunagrahita ringan X. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subjek research (penelitian subjek tunggal), dengan desain A- B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan mengukur banyaknya tali yang masuk kedalam lubang sepatu dan anak dpat mengkoordinasikan gerak mata dan tangan dengan tepat dalam waktu yang telah ditentukan yaitu 20 menit. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak dapat meningkat melalui memasukkan tali sepatu. Pada kondisi baseline yang dilakukan dalam tujuh kali pengamatan anak hanya bisa memasukkan empat manik-manik kedalam jarum, pada kondisi intervensi kemampuan anak semakin meningkat yaitu anak bisa memasukkan semua tali sepatu dengan tepat. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya dapat diterima. Artinya memasukkan tali sepatu dapat meningkatkan koordinasi gerak mata dan tangan anak tunagrahita ringan kelas D I/C di SLB Amal Bakhti Sicincin. Berkaitan dengan hasil penelitian dalam meningkatkan koordinasi gerak mata dan tangan anak tunagrahita ringan X meningkat, maka peneliti menyarankan kepada guru untuk mengggunakan tali sepatu untuk meningkatkan koordinasi gerak mata dan tangan anak tunagrahita ringan kedepannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak tunagrahita ringan,Koordinasi gerak mata dan tangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:57 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24605 |