Nengsih, Husny Yulia (2008) Pendapat Anak Asuh Tentang Kegiatan Pengasuh Dalam Belajar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HUSNY YULIA NENGSIH 42002-03-08.pdf [thumbnail of final_B1_HUSNY YULIA NENGSIH 42002-03-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HUSNY YULIA NENGSIH 42002-03-08.pdf
Download (145kB)
Abstract
Anak yang berprestasi sangat diinginkan oleh orang tua mana pun, begitu juga di PSAABR Budi Utama Lubuk Alung. Berhasil atau tidaknya anak dalam belajar tergantung kepada orang tuanya di rumah dalam memperhatikan dan membantu anak belajar, dalam hal ini pengasuh yang berperan sebagai pengganti orang tua bagi anak asuh. Bila anak asuh mengalami masalah atau kesulitan dalam belajar dan dibiarkan begitu saja oleh pengasuh maka akan berakibat prestasi belajar anak asuh rendah dan lebih parah lagi proses kegiatan belajar anak untuk masa depan semakin buruk. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan peran pengasuh dalam mengawasi kegiatan belajar anak asuh, mengenal kesulitan belajar anak asuh, dan membantu anak asuh mengatasi kesulitannya dalam belajar, agar anak asuh yang berprestasi bisa diwujudkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat anak asuh tentang kegiatan pengasuh dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan deskriptif yaitu menggambarkan suatu keadaan yang sedang berlangsung apa adanya. Instrumen penelitian adalah angket. Subjek penelitian berjumlah 29 orang, yaitu 19 orang kelas VII dan VIII SMP sederajat dan 10 orang kelas X dan XI SMA sederajat. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan chi squere Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara umum (1) pengasuh belum mengawasi kegiatan belajar anak asuh. (2) pengasuh belum mengenal kesulitan belajar anak asuh. (3) pengasuh belum membantu anak asuh mengatasi kesulitannya dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pengasuh agar lebih meningkatkan kegiatan pengawasan belajar anak asuh, lebih terlibat untuk mengidentifikasi kesulitan yang dialami anak asuh dalam belajar, lebih giat membantu anak asuh mengatasi kesulitannya dalam belajar. Kepada kepala panti agar dapat memantau kegiatan pengasuh dalam belajar, memberikan pelatihan khusus yang dapat menambah wawasan dan keahlian serta keterampilan pengasuh untuk membimbing anak asuh dalam belajar terutama teknik atau cara mengenal kesulitan belajar anak asuh dan teknik atau cara membantu anak asuh mengatasi kesulitannya dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak asuh,Pengasuh,PSAABR Budi Utama |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:57 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24604 |