Yani, Gustri (2010) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X Semester II SMAN 7 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_GUSTRI YANI-86220-2011.pdf [thumbnail of final_B1_GUSTRI YANI-86220-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_GUSTRI YANI-86220-2011.pdf
Download (152kB)
Abstract
Proses pembelajaran sebagian besar masih terpusat pada guru yang
mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan rendahnya hasil belajar siswa dalam
mata pelajaran biologi. Banyak upaya yang dapat dilakukan guru untuk
meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam proses pembelajaran, antara
lain dengan cara menerapka model pembelajaran kooperatif tipe time token.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar biologi kelas X semester II SMA
Negeri 7 Padang tahun Pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan
penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Posttes Only
Design . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang yang
terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011 dan teknik penentuan sampel adalah
simple random sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah kelas X2 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X9 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil adalah
data primer dari Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar
yang dilakukan di akhir penelitian dengan teknik analisis data uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen 80.90 lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol 75.49. Setelah data
dianalisis dengan uji t, didapatkan harga thitung 2,383 dan ttabel 1,67. Berdasarkan
penerimaan hipotesis, bila thitung > ttabel maka hipotesis kerja dinyatakan diterima.
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
time token berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi kelas X semester II
SMA Negeri 7 Padang tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:56 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24595 |