Sundari, Lili (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi dengan Metode Tanya Jawab Pada SMPN 2 Kec. Payakumbuh di Kelas VII.1 Semester II Tahub Pelajaran 2010-2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LILI SUNDARI_52874_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LILI SUNDARI_52874_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LILI SUNDARI_52874_2011.pdf
Download (597kB)
Abstract
Dari pengalaman peneliti mengajarkan biologi di kelas V11-1 SMPN 2 Kecamatan Payakumbuh, aktivitas belajar siswanya rendah. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Sehingga diperlukan suatu metode yang sesuai agar dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran supaya aktivitas siswa dapat meningkat yaitu dengan metode tanya jawab. Siswa kurang aktif dan malu bertanya, tidak mau menunjuk bila guru bertanya serta malu menanggapi atau menjawab pertanyaan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V11-1 SMPN 2 Kecamatan Payakumbuh yang berjumlah 15 orang. Penelitian yang digunakan model dua siklus, siklus satu dan siklus dua. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh seorang observer. Hasil penelitian pada siklus satu, rata-rata siswa yang bertanya 8,9%, menjawab pertanyaan 37,8%, menanggapi pertanyaan temannya 15,5%, dan yang membuat kesimpulan 51,1%. Pada siklus dua rata-rata siswa yang bertanya 24,4%, menjawab pertannyaan 51,1%, menanggapi pertanyaan temannya 37,7%, dan siswa yang membuat kesimpulan 71%. Terbukti dari hasil tindakan yang dilakukan pada siklus pertama ada peningkatan dan lebih meningkat lagi setelah dilakukan tindakan pada siklus kedua.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:58 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24588 |