Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA

Sari, Revi Febrina (2020) Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_REVI_FEBRINA_SARI_16033079_2714_2020.pdf] Text
B1_05_REVI_FEBRINA_SARI_16033079_2714_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran dalam kurikulum 2013 dapat dilaksanakan dengan
menggunakan pendekatan berbasis keilmuan yaitu pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil penelitian terdahulu menyatakan bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas hanya memberi siswa sejumlah konsep hafalan, banyak para
guru yang cenderung menggunakan metode konvensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu merangkum dan
menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional maupun internasional yang berkaitan dengan model inkuiri terbimbing dalam
terhadap hasil belajar siswa pembelajaran Fisika. Variabel-variabel yang digunakan pada penelitian ini diantaranya ialah variabel bebas, variabel terikat dan variabel moderat. Variabel bebas adalah model pembelajaran inkuiri
terbimbing, variabel terikat adalah hasil belajar siswa, dan variabel moderat adalah materi pembelajaran dan tingkatan kelas. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa sama-sama efektif digunakan baik pada aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan dengan kategori effect size besar. Model
pembelajaran inkuiri terbimbing efektif digunakan pada aspek keterampilan Higher Order thinking Skills (HOTS) siswa. Dilihat dari materi pembelajaran,model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif digunakan pada materi
resonansi bunyi. Sedangkan, ditinjau dari tingkatan kelas, model inkuiri terbimbing bisa diterapkan pada kelas X dan XI SMA. Maka dapat simpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran Fisika sangat efektif digunakan dalam menunjang hasil belajar siswa terutama kemampuan
Higher Order thinking Skills (HOTS) siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Sep 2025 04:57
Last Modified: 17 Sep 2025 04:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24581

Actions (login required)

View Item
View Item