Nawawi, Husna (2011) Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Segitiga dengan Menggunakan Metode Discovery di Kelas IV SD Negeri 05 VII Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HUSNA_NAWAWI_50517_1164_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HUSNA_NAWAWI_50517_1164_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HUSNA_NAWAWI_50517_1164_2011.pdf
Download (254kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti dalam menjalankan proses pembelajaran materi keliling dan luas segitiga di SD Negeri 05 VII Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota, rata-rata nilai siswa masih di bawah KKM. Salah satu penyebabnya adalah karena pembelajaran masih bersifat konvensional, dimana proses pembelajaran sebagian besar didominasi oleh guru, sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikutinya. U ntuk memperbaiki keadaan seperti ini, peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode discovery. Metode discovery merupakan suatu metode pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa tapi juga melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan kesimpulan materi pembelajaran. Langkah-langkah metode discovery adalah : 1) Merumuskan masalah, 2) Pengajuan hipotesis, 3) Mencari informasi, data, fakta, 4) Menarik kesimpulan atau generalisasi, 5) Aplikasi kesimpulan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode discovery pada pembelajaran keliling dan luas segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktifitas guru dan siswa, tes pada tiap-tiap akhir pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV terteliti yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian siklus I pada tes akhir nilai rata-rata siswa hanya 6,4 sedangkan tes akhir pada siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 9,2. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode discovery dalam pembelajaran keliling dan luas segitiga di SD Negeri 05 VII Koto Talago dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran matematika, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:57 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24578 |