Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SD Negeri 05 Birugo, Bukittinggi

Nugrahini, Ipung (2011) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SD Negeri 05 Birugo, Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_IPUNG_NUGRAHINI_83250_3654_2011.pdf] Text
final_B1_IPUNG_NUGRAHINI_83250_3654_2011.pdf

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai matematika siswa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya: strategi atau pendekatan mengajar yang dipakai guru kurang sesuai dengan kondisi siswa dan metode yang digunakan terlalu monoton seperti ceramah dan penugasan sehingga siswa menjadi bosan dan jenuh. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan rancangan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri 05 Birugo, Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan lembar pengamatan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun datar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 67% pada siklus I menjadi 73,9% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika khususnya tentang sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri 05 Birugo Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sifat-sifat Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 17 Sep 2025 04:56
Last Modified: 17 Sep 2025 04:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24570

Actions (login required)

View Item
View Item