Hubungan Kemampuan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Rangkaian Listrik dan Elektronikadi SMK N 5 Padang.

Yonica, Masko (2011) Hubungan Kemampuan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Rangkaian Listrik dan Elektronikadi SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MASKO_YONICA_65457_4256_2011.pdf] Text
final_B1_MASKO_YONICA_65457_4256_2011.pdf

Download (291kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah masih kurang meratanya pemahaman siswa
terhadap materi matematika sehingga hasil belajar RLE siswa tidak begitu optimal
sedangkan matematika sangat dibutuhkan untuk menguasai pelajaran RLE dan
juga dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa yang masih rendah dalam belajar
RLE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan
matematika dengan hasil belajar rangkaian listrik dan elektronika, hubungan
motivasi belajar dengan hasil belajar rangkaian listrik dan elektronika dan
hubungan kemampuan matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
rangkaian listrik dan elektronika di SMK N 5 Padang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional yang
membandingkan hubungan dua variabel bebas dengan variabel terikat dengan
jumlah populasi 58 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu 1 L1 dan 1 L2, dari
jumlah populasi 58 orang diperoleh jumlah sampel sebanyak 36 orang. Untuk
megetahui motivasi belajar siswa mengunakan angket sedangkan kemampuan
Matematika dan hasil belajar RLE dilihat dari nilai Rapor Semester II.
Hasil pengujian hipotesis antara kemampuan matematika dengan hasil
belajar RLE dimana rhitung > rtabel (0,429 > 0,349) maka Ho ditolak dan Ha
diterima, dengan thitung > ttabel (2,272 > 1,69) maka korelasi ini signifikan dengan
besar konstribusi 18,43 %. Hipotesis antara motivasi belajar dengan hasil belajar
RLE dimana rhitung > rtabel (0,831 > 0,349) maka Ho ditolak dan Ha diterima,
dengan thitung > ttabel (8,69 > 1,69) maka korelasi ini signifikan dengan besar
konstribusi 69%. Hipotesis antara kemampuan Matematika dan motivasi belajar
terhadap hasil belajar RLE dimana Rhitung > Rtabel (0,659 > 0,349) berarti terdapat
hubungan yang signifikan, dengan F hitung > F tabel (12,638 > 3,28) maka korelasi
ini signifikan dengan besar konstribusi 43,37 % dan sisanya 32,37 % dipengaruhi
oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 17 Sep 2025 04:55
Last Modified: 17 Sep 2025 04:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24569

Actions (login required)

View Item
View Item