Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI ) Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 02 Percontohan Bukittinggi.

Ipmaiyaldi, Ipmaiyaldi (2010) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI ) Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 02 Percontohan Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_IPMAIYALDI_88161_2011.pdf] Text
final_B1_IPMAIYALDI_88161_2011.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pelaksanaan pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru sebagai informasi, sehingga pembelajaran tidak dapat merangsang siswa untuk terlibat secara aktif dan kreatif. Berdasarkan dari observasi yang penulis lakukan bahwasanya dari sebagian siswa kelas IV merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran PKn, mereka mengatakan bahwa dalam pembelajaran PKn hanya guru saja yang banyak bicara dan berbuat sedangkan mereka hanya diam, disuruh mendengar, menghafal dan memahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian penggunaan pernbelajaran kooperatif tipe GI untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 02 Percontohan Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, guru mengumpulkan data selama penelitian berlangsung. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn. Sebelum melaksanakan pembelajaran kooperatif tipe GI hasil tes siswa rata-rata adalah 6,3. Pada siklus I hasil tes siswa rata-rata adalah 6,5. Hasil tes siswa pada siklus II dengan rata-rata7,5. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil tes siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, penggunaan tipe GI dalam pembelajaran PKn bagi siswa kelas IV SDN 02 Percontohan terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 17 Sep 2025 04:55
Last Modified: 17 Sep 2025 04:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24567

Actions (login required)

View Item
View Item