Pengaruh Penerapan Active Learning Tipe Card Sort Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan.

Dori, Huria (2011) Pengaruh Penerapan Active Learning Tipe Card Sort Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HURIA DORI-77500-2011.pdf] Text
final_B1_HURIA DORI-77500-2011.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada fakta bahwa umumnya pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center). Hal ini terjadi akibat siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar fisika siswa belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Oleh sebab itu, perlu strategi pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajar fisika meningkat. Strategi active learning tipe card sort berbasis kontekstual dapat diterapkan agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dapat memahami materi dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan active learning tipe card sort berbasis kontekstual terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperiments Research), dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Koto XI Tarusan yang terdaftar tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar pada 2 ranah yaitu kognitif dan afektif. Dengan instrumen penilaian berupa tes hasil belajar berupa soal objektif dengan 4 pilihan jawaban dan format lembaran observasi ranah afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji t 3 Dari data hasil penelitian, diperoleh hasil belajar pada ranah kognitif dan afektif. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 66,34 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 59,89. Hasil analisis uji t, diperoleh t = 2,34 dan t tabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti t i hitung > t tabel hitung maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 73,16 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 64,76. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa terdapat Pengaruh yang berarti penerapan active learning tipe card sort berbasis kontekstual terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Koto XI Tarusan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar fisika,Active learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 17 Sep 2025 04:55
Last Modified: 17 Sep 2025 04:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24563

Actions (login required)

View Item
View Item