Penerapan Model Pembelajaran van Hiele untuk Meningkatkan Level Berpikir Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang pada Pembelajaran Geometri Tahun Pelajaran 2010/2011

Rahma, Hudiah (2011) Penerapan Model Pembelajaran van Hiele untuk Meningkatkan Level Berpikir Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang pada Pembelajaran Geometri Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HUDIA RAHMAH-83940-2011.pdf] Text
final_B1_HUDIA RAHMAH-83940-2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesulitan siswa memahami konsep geometri merupakan suatu masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah. Hal ini terlihat pada rendahnya hasil belajar siswa pada materi geometri. Selain itu, ditemukan bahwa sebagian besar siswa SMP Negeri 2 Padang masih berada pada level berpikir awal yaitu level berpikir visualisasi. Salah satu model pembelajaran yang diperkirakan dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah Pembelajaran Model van Hiele. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran van Hiele lebih baik daripada hasil belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan level berpikir siswa setelah diterapkan model pembelajaran van Hiele. Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian eksperimen dan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010-2011. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, sehingga yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMP Negeri 2 Padang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 SMP Negeri 2 Padang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes awal, tes akhir, lembar observasi dan wawancara. Data tes akhir dianalisis dengan uji-t. Data hasil tes awal, hasil observasi, dan wawancara dianalisis secara deskriptif dan dipaparkan dalam bentuk narasi. Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Selain itu, level berpikir siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tes awal, diketahui 20 orang siswa berada pada level visualisasi (level 0) dan 12 orang lainnya berada pada level analisis (level 1). Pada tes akhir, hanya 4 orang siswa yang masih berada pada level analisis (level 1) dan 28 orang lainnya berada pada level deduksi informal (level2). Peningkatan hasil belajar dan level berpikir siswa tersebut tentunya diperoleh dari pengalaman mereka selama mengikuti fase demi fase pada kegiatan pembelajaran model van Hiele.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Visualisasi (level 0), Analisis (level 1), Deduksi informal (level 2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 17 Sep 2025 04:55
Last Modified: 17 Sep 2025 04:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24560

Actions (login required)

View Item
View Item