Ramli, Hijria (2011) Pengaruh Penggunaan CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HISRIA RAMLI-08258-2012.pdf [thumbnail of final_B1_HISRIA RAMLI-08258-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HISRIA RAMLI-08258-2012.pdf
Download (303kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMP Negeri 13 Padang, masih banyak siswa kelas VII yang memperoleh hasil belajar dibawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 70 dengan rentang 0 – 100. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah metode mengajar dan media yang digunakan dalam pembelajaran. Untuk itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan CD Interaktif. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran CD Interaktif dan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang Tp. 2010/2011. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi dengan bantuan software SPSS 17. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukan pembelajaran menggunakan media CD Interaktif dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 23 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software SPSS 17 untuk uji homogenitas dan normalitas, sedangkan uji hipotesis juga menggunakan software SPSS. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan media pembelajaran CD Interaktif yaitu 75,24 sementara siswa yang menggunakan metode konvensional lebih rendah yaitu 64,45. Hasil hipotesis dengan menggunakan software SPSS didapati bahwa berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung 4,88 > ttabel (1.988). Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan sebesar 0,05 %, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan media CD Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa daripada pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CD Interaktif, Konvensional dan Eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:54 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24554 |