Yeneli, Hisna (2011) Pengaruh Penggunaan Print Out Slide Power Point Bergambar dan Berwarna dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 21 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HISNA_YENELI_77440_146_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HISNA_YENELI_77440_146_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HISNA_YENELI_77440_146_2011.pdf
Download (249kB)
Abstract
Dalam pendidikan, rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah model pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga membuat siswa merasa bosan dan tidak termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu, guru dituntut untuk memilih model pembelajaran serta media yang tepat, diantaranya menggunakan print out slide power point bergambar dan berwarna dan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Usaha ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan print out slide power point bergambar dan berwarna dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII semester 1 SMP Negeri 21 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Kerinci yang terdaftar pada Semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana pengamilan sampel berdasarkan nilai rata-rata dibawah KKM. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji-t dengan kriteria hipotesis diterima jika t hiitung i > t Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 75,3 sedangkan nilai kelas kontrol 65,9. Berdasarkan analisis data pada taraf kepercayaan 95% (α=0,05) didapatkan harga t tabel. hitung 2,39 dan harga t 1,68 pada derajat kebebasan 38. Dengan demikian t hitung > t yang berarti hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti penggunaan print out slide power point bergambar dan berwarna dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII semester 1 SMP Negeri 21 Kerinci.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif,Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:53 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24550 |