Mufajrin, Mufajrin (2011) Pengaruh Pemanfaatan Weblog sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUFAJRIN-94265-2012.pdf [thumbnail of final_B1_MUFAJRIN-94265-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUFAJRIN-94265-2012.pdf
Download (290kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalampembelajaran TIK kelas XI SMA Negeri 8 Padang dengan memanfaatkan weblogsebagai sumber belajar. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK masihbanyak dibawah KKM dengan nilai 65 yang ditetapkan oleh sekolah danpenelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa kurang maksimalnyasumber belajar bagi siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah QuasiExperiment dengan populasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Padang yangterdaftar pada tahun 2010/2011 sebanyak 4 kelas. Rancangan penelitian adalahrandomized control-group postest only design. Teknik penentuan sampel adalahteknik purposive sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas XI IPS1sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yangdigunakan berupa seperangkat tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30butir soal yang dilakukan di akhir penelitian. Pelaksanaan pembelajaran TIKdengan memanfaatkan weblog sebagai sumber belajar dilaksanakan denganlangkah – langkah: (1) guru mempostingkan materi pelajaran yang akan dipelajariyang disertai dengan tugas pada blog (2) siswa mengakses blog dengan alamathttp://tikpembelajaranku.blogspot.com// (3) siswa berkomentar dan mendownloadmateri pelajaran pada blog (4) siswa mempelajari dan mengerjakan tugas secaramandiri (5) siswa mengirimkan tugas ke email guru dengan alamatmufajrinpat@gmail.com dengan waktu yang telah ditentukan, tugas sebagai syaratuntuk mengikuti pelajaran untuk pertemuan tatap mukanya (6) guru menerangkanmateri pelajaran pada tatap muka di kelas (7) siswa bertanya pada guru mengenaipelajaran yang belum dipahami (8) siswa mengerjakan latihan (9) guru bersamadengan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Peningkatan hasilbelajar siswa dengan memanfaatkan weblog sebagai sumber belajar dalampembelajaran TIK ditandai dengan nilai rata-rata (69,37) lebih tinggi jikadibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya langsung (63,90), kemudiandilakukan teknik analisis data uji t dengan kriteria thitung > ttabel, maka hipotesisditerima dan sebaliknya. Diperoleh thitung adalah 2,18 dan ttabel adalah 1,67sehingga thitung > ttabel. Ini membuktikan bahwa hipotesis diterima pada tarafkepercayaan 95%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajarsiswa yang pembelajarannya memanfaatkan weblog sebagai sumber belajar lebihtinggi dibandingkan dengan hasil belajar pembelajaran langsung pada matapelajaran TIK siswa kelas XI SMA Negeri 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SUMBER BELAJAR, HASIL BELAJAR, TEKNOLOGI INFORMASI, KOMUNIKASI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:53 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24549 |