Sundari, Resti (2018) Pengaruh Penerapan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RESTI_SUNDARI_1305762_3029_2018.pdf [thumbnail of B1_05_RESTI_SUNDARI_1305762_3029_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RESTI_SUNDARI_1305762_3029_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pemahaman konsep siswa terhadap fisika masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh bahan ajar yang digunakan belum bervariasi dan model
pembelajaran yang digunakan guru kurang dapat mengajak siswa menemukan dan memecahkan masalah fisika. Selain itu, siswa kurang berminat dan aktif dalam
pembelajaran fisika yang menyebabkan masih rendahnya pencapaian kompetensi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan bahan ajar
dan model pembelajaran yakni LKPD berorientasi model pembelajaran generatif.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD berorientasi
model pembelajaran generatif terhadap pencapaian kompetensi fisika siswa kelas XI SMAN 12 Padang.Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan rancangan
penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI SMAN 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Dalam penelitian
ini, eksperimen yang dilakukan dengan tanpa melakukan pengendali terhadap
variabel-variabel berpengaruh dan diutamakan adalah perlakuan saja tanpa ada
kelompok kontrol. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penilaian yang digunakan mencakup kompetensi
sikap dengan lembar observasi, kompetensi pengetahuan melalui tes tertulis dan kompetensi keterampilan dengan lembar unjuk kerja. Data yang dihasilkan dalam
penelitian ini dianalisis menggunakan uji regresi untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan serta deskriptif untuk kompetensi sikap. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh data untuk ketiga kompetensi fisika siswa. Pada kompetensi sikap siswa mengalami
peningkatan setiap minggunya. Pada kompetensi pengetahuan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan presentase pengaruhnya besar dari 17 %. Sedangkan pada kompetensi keterampilan presentase pengaruhnya besar dari 20 %. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh berarti penerapan LKPD berorientasi model pembelajaran generatif terhadap kompetensi fisika siswa kelas XI SMAN 12 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:40 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24538 |