Hubungan intensitas mengikuti pembelajaran Alquran dengan kemampuan membaca Alquran murid TPQ Al Mu’min di Kenagarian Panti Timur Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman

Sari, Widia (2022) Hubungan intensitas mengikuti pembelajaran Alquran dengan kemampuan membaca Alquran murid TPQ Al Mu’min di Kenagarian Panti Timur Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_WIDIA _SARI_17005048_559_2022.pdf] Text
B1_4_WIDIA _SARI_17005048_559_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca
Alquran diduga karena berbagai faktor salah satunya adalah intensitas mengikuti
pembelajaran Alquran murid TPQ Al Mu’min di Kenagarian Panti Timur
Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
gambaran intensitas mengikuti pembelajaran Alquran, gambaran kemampuan
membaca Alquran dan hubungan intensitas mengikuti pembelajaran Alquran
dengan kemampuan membaca Alquran murid TPQ Al Mu’min di Kenagarian
Panti Timur Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid tingkatan Alquran di TPQ
Al Mu’min yang berusia 8-12 tahun berjumlah 45 orang. Sedangkan sampel
penelitian diambil 80% yaitu sebanyak 36 orang menggunakan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tertutup dan tes.
Kemudian untuk teknik analisis data digunakan rumus persentase dan rumus
product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) intensitas mengikuti
pembelajaran Alquran murid TPQ Al Mu’min masih rendah; (2) kemampuan
membaca Alquran murid TPQ Al Mu’min masih rendah dan (3) terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas mengikuti pembelajaran
Alquran dengan kemampuan membaca Alquran murid TPQ Al Mu’min di
Kenagarian Panti Timur Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Saran dalam
penelitian ini yaitu (1) bagi murid TPQ, agar meningkatkan intensitas dalam
mengikuti pembelajaran Alquran di TPQ, agar kemampuan membaca Alquran
lebih baik lagi kedepannya; (2) bagi guru TPQ, agar menciptakan pembelajaran
yang menarik agar murid lebih intens untuk belajar Alquran dan (3) bagi peneliti
lain, agar meneliti variabel lain yang berhubungan dengan kemampuan membaca Alquran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Alquran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:39
Last Modified: 17 Sep 2025 02:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24536

Actions (login required)

View Item
View Item