Analisis Keterlaksanaan Kegiatan Laboratorium dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Persepsi Guru dan Kepala Sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Padang Pariaman

Linda, Resma (2022) Analisis Keterlaksanaan Kegiatan Laboratorium dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Persepsi Guru dan Kepala Sekolah pada SMA Negeri di Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RESMA_LINDA_18033038)_3990_2022.pdf] Text
B1_05_RESMA_LINDA_18033038)_3990_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Laboratorium merupakan sarana utama untuk terlaksananya pembelajaran Fisika secara kontekstual. Hasil observasi pada SMA Negeri di Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat, menunjukkan bahwa keterlaksanaan kegiatan
laboratorium dalam pembelajaran Fisika masih rendah. Telah dilakukan analisis untuk mengungkapkan keterlaksanaan kegiatan laboratorium tersebut dalam pembelajaran Fisika SMA ditinjau dari persepsi guru dan kepala sekolah. Aspekaspek
yang ingin diungkapkan melalui analisis ini adalah: a) keterlaksanaan kegiatan laboratorium ditinjau dari jenis dan volume sarana prasarana laboratorium, b) persepsi guru dan kepala sekolah terhadap kegiatan laboratorium,
dan c) keterkaitan antara persepsi guru dan kepala sekolah terhadap kegiatan laboratorium dalam pembelajaran Fisika.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. Pegambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh 4 SMA Negeri di
Kabupaten Padang Pariaman. Data dideskripsikan dengan teknik persentase dan sebelum dilakukan analisis korelasional, data yang diperlukan telah memenuhi persyaratan normalitas dan linearitas. Hasil analisis menyimpulkan bahwa a) jumlah ketersediaan set percobaan cukup (53,85%) dan keterlaksanaan kegiatan laboratorium sangat rendah
(17,86%), b) persepsi guru dan kepala sekolah terhadap kegiatan laboratorium
dalam pembelajaran Fisika sama-sama berada pada kriteria rendah (43,00% dan
45,20%), dan c) data keterkaitan antara persepsi guru dan kepala sekolah terhadap
kegiatan laboratorium dalam pembelajaran Fisika berada pada hubungan yang
sangat kuat (0,816) dan kuat (0,788) dengan kontribusi masing-masingnya
66,60% dan 62,10%. Secara umum analisis ini menyimpulkan bahwa ketersediaan
sarana laboratorium, keterlaksanaan kegiatan laboratorium, persepsi guru dan
persepsi kepala sekolah terhadap peranan kegiatan laboratorium masih rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:26
Last Modified: 17 Sep 2025 02:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24532

Actions (login required)

View Item
View Item