Febrina, Liga (2009) Perbedaan Kemampuan Memahami Kata Ulang antara Siswa Kelas X SMK Taman Siswa Padang dan SMA Taman Siswa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LIGA FEBRINA 48068-04-09.pdf [thumbnail of final_B1_LIGA FEBRINA 48068-04-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LIGA FEBRINA 48068-04-09.pdf
Download (159kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan memahami kata ulang antara siswa kelas X SMK Taman Siswa Padang dan SMA Taman Siswa Padang dilihat dari penerapan unsur kata dasar, bentuk dasar, jenis, dan makna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Taman Siswa Padang dan siswa kelas X SMA Taman Siswa Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2008/2009yang berjumlah 30 orang. Sampel diambil berdasarkan jumlah proporsi siswa per kelas (proportional random sampling). Data penelitian ini adalah hasil tes mengenai kata ulang siswa kelas X SMK Taman Siswa Padang dan SMA Taman Siswa Padang. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut: memeriksa, menentukan skor, mengubah skor, mengelompokkan kemampuan, membuat histogram, menafsirkan, membahas hasil analisis data, menyimpulkan, dan pembahasan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan, yaitu Perbedaan kemampuan memahami kata ulang antara siswa kelas X SMK Taman Siswa Padang dan SMA Taman Siswa Padang secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMK Taman Siswa lebih memahami kata ulang daripada siswa kelas X SMA Taman Siswa dapat dilihat dari (a) Kemampuan memahami kata ulang siswa kelas X SMK Taman Siswa Padang untuk setiap indikator yang diteliti, yaitu kata dasar tergolong baik sekali (BS) dengan rata-rata 89,45%, bentuk dasar tergolong baik (B) dengan rata-rata 84,55%, jenis kata ulang tergolong baik (B) dengan rata-rata 81,44%, dan makna kata ulang tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata-rata 67,22%. (b) Kemampuan memahami kata ulang siswa kelas X SMA Taman Siswa Padang untuk setiap indikator yang diteliti, yaitu kata dasar tergolong baik (B) dengan rata-rata 84,78%, bentuk dasar tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan rata- rata 68,11%, jenis kata ulang tergolong baik (B) dengan rata-rata 76,93%, makna kata ulang tergolong cukup (C) dengan rata-rata 61,38%
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMAHAMAN KATA ULANG |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:08 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24530 |