Persiapan Siswa Kelas VI Dalam Menghadapi UASBN 2009: Studi Terhadap Siswa Kelas VI di Gugus IV Kec. Lubuk Begalung Padang

Indrayenti, Indrayenti (2009) Persiapan Siswa Kelas VI Dalam Menghadapi UASBN 2009: Studi Terhadap Siswa Kelas VI di Gugus IV Kec. Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_INDRAYENTI_79126_06_09.pdf] Text
final_B1_INDRAYENTI_79126_06_09.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu rendahnya nilai TRY OUT dan ujian PRA UAS yang diadakan pada bulan Februari 2009. Kondisi ini menunjukkan bahwa belum sepenuhnya siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi UASBN. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang bagaimana persiapan yang telah dilakukan siswa kelas VI dalam mengahadapi UASBN dari segi persiapan fisik, persiapan psikis, dan persiapan menghadapi materi ujian. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VI yang ada di Gugus IV Kec. Lubuk Begalung Padang yang akan mengikuti UASBN 2009, yaitu 153 orang dengan menggunakan cluster sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan angket untuk mengumpulkan data, teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Temuan pertama, terungkap bahwa persiapan siswa dari segi fisik belum cukup memuaskan, karena masih banyak siswa yang tidak menyadari pentingnya olahraga serta minum susu untuk kesehatan. Temuan kedua persiapan psikis yang dilakukan siswa sudah cukup baik, meskipun masih ada hal yang harus mendapat perhatian dan harus diperbaiki seperti belajar rutin setiap hari, mengulang pelajaran yang di sekolah di rumah, dan mengatur jadwal belajar dengan baik. Bahkan masih ada siswa yang merasa cemas menghadapi ujian yang akan datang. Temuan ketiga, mengungkapkan persiapan siswa dalam menghadapi materi ujian masih belum baik dalam hal tidak seriusnya siswa dalam mengikuti bimbingan belajar kelompok dan belajar tambahan untuk persiapan ujian. Juga masih banyak siswa yang tidak mempunyai catatan yang rapi dan bersih. Akhirnya dari temuan penelitian ini diharapkan kepada guru kelas sebagai guru pembimbing serta semua pihak yang terkait agar dapat membantu siswa dengan memberikan informasi tentang persiapan yang harus dilakukan siswa untuk menghadapi ujian UASBN. Melalui layanan penguasaan konten baik secara individual, kelompok, maupun secara klasikal. Disamping itu, diharapkan adanya penelitian lanjutan tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan pelaksanaan UASBN di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persiapan Siswa, UASBN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:53
Last Modified: 17 Sep 2025 02:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24523

Actions (login required)

View Item
View Item