Pengaruh Pemberian Tugas-tugas Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas X SMA N 6 Sijunjung

Indrayani, Indrayani (2011) Pengaruh Pemberian Tugas-tugas Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas X SMA N 6 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_INDRAYANI_79968_4477_2011.pdf] Text
final_B1_INDRAYANI_79968_4477_2011.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hasil belajar Sosiologi siswa kelas X SMA N 6 Sijunjung masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered), tidak banyak siswa yang dapat menyelesaikan tugas yang diberikan, hasil belajar dibawah KKM dan lain-lain. sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan malahan ada yang hanya mendengar saja. Untuk mengatasi masalah di atas, peneliti menggunakan metode tugas tersruktur dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas-tugas terstruktur terhadap hasil belajar Sosiologi siswa pada mata pelajaran Sosiologi di kelas X SMA N 6 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen dengan desain penelitian “Formula Control Group Pretest-Postet Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 6 Sijunjung. Pengambilan sampel dengan memakai teknik “Purposive Sampling”, yang terdiri dari dua lokal, kelas kontrol adalah X 1 dan kelas eksperimen adalah kelas X 3 . Data diperoleh melalui pretest dan posttest, yang telah diuji validitasnya. Setelah dianalisa diperoleh rata-rata hasil belajar sosiologi kelas eksperimen adalah 28,07, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 16,97. Pengolahan data test dilakukan dengan menggunakan uji t. Diperoleh t hitung = 2,88 dengan taraf nyata α = 0,05 dan df 74, sedangkan ttabel = 2,00 karena t tabel < thitung maka hipotesis nol (H0) ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan tugas-tugas terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pemberian Tugas-tugas Terstruktur, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:49
Last Modified: 17 Sep 2025 01:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24520

Actions (login required)

View Item
View Item