Hubungan Penyesuaian Diri dengan Hasil Belajar Mahasiswa Tahun I

Indrawati, Indrawati (2010) Hubungan Penyesuaian Diri dengan Hasil Belajar Mahasiswa Tahun I. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_INDRAWATI_79052_560_2011.pdf] Text
final_B1_INDRAWATI_79052_560_2011.pdf

Download (264kB)

Abstract

Perbedaan karakteristik dan sistem pendidikan yang diterapkan di Sekolah Menengah Atas dengan di Perguruan Tinggi merupakan salah satu faktor yang menjadi penghambat bagi mahasiswa baru dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus. Agar bisa sukses menjalani perkuliahan mahasiswa baru dituntut untuk segera menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus. Kenyataan di lapangan, ternyata masih ada mahasiswa yang merasa tidak nyaman dengan statusnya sebagai mahasiswa baru dan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penyesuaian diri mahasiswa tahun I Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP dan hubungan penyesuaian diri dengan hasil belajar mahasiswa tahun I jurusan bimbingan dan konseling FIP UNP. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun I jurusan bimbingan dan konseling FIP UNP yang terdaftar pada tahun ajaran 2009/2010. Teknik pengambilan sampel adalah Proporsional Random Sampling, sehingga yang menjadi sampel sebanyak 53 orang mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan analisis dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk mendeskripsikan data adalah dengan menggunakan teknik persentase dan untuk melihat hubungan antar variabel digunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Temuan penelitian mengungkapkan mahasiswa tahun I Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP memiliki penyesuaian diri yang sangat baik dengan persentase 35.85%, 64.15% memiliki penyesuaian diri dengan klasifikasi baik, 0% mahasiswa memiliki penyesuaian diri cukup baik. Temuan lain mengungkapkan terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dengan hasil belajar mahasiswa tahun I jurusan BK FIP UNP sebesar 0,366. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik penyesuaian diri mahasiswa, maka semakin baik pula hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 17 Sep 2025 01:43
Last Modified: 17 Sep 2025 01:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24516

Actions (login required)

View Item
View Item