Rahmawati, Hilda (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Ringkasan Siswa Kelas VIII MTsN Model Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HILDA_RAHMAWATI_76892_1431_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HILDA_RAHMAWATI_76892_1431_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HILDA_RAHMAWATI_76892_1431_2011.pdf
Download (672kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan deskripsi kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII MTsN Model Padang, (2) mendapatkan deskripsi kemampuan menulis ringkasan siswa kelas VIII MTsN Model Padang, dan (3) menganalisis hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis ringkasan siswa kelas VIII MTsN Model Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Model Padang dengan sampel 60 orang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data membaca pemahaman, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data menulis ringkasan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaamn siswa kelas VIII MTsN Model Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (75,4%). Kedua, kemampuan menulis ringkasan siswa kelas VIII MTsN Model Padang berada pada kualifikasi cukup (65). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis ringkasan siswa kelas VIII MTsN Model Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran bahasa Indonesia,Hubungan membaca dan menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 01:41 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 01:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24509 |