Rioni Z, Indra (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Teknik Peta Konsep Siswa Kelas VIII3 SMP N 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_INDRA_RIONI_Z_51234_5233_2011.pdf [thumbnail of final_B1_INDRA_RIONI_Z_51234_5233_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_INDRA_RIONI_Z_51234_5233_2011.pdf
Download (365kB)
Abstract
Kemampuan menulis berita siswa kelas VIII 3 semester 2 SMP Negeri 3 Payakumbuh masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal siswa dalam menulis berita. Isi berita yang ditulis siswa belum lengkap atau belum tergambarnya unsur 5W+1H sehingga isi berita masih belum akurat. Tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan teknik peta konsep pada siswa kelas VIII3 SMP N 3 Payakumbuh. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan pada proses belajar mengajar dilakukan. Data berupa hasil tes menulis teks berita siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes menulis berita. Tes hasil belajar selama penelitian dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu setelah melaksanakan siklus I dan II. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, sebelum diberikan tindakan dilakukan tes awal.Pelaksanaan proses belajar mengajar dan aktivitas siswa dikumpulkan melalui teknik observasi dan menggunakan lembar observasi melalui teman sejawat. Sebelum melakukan pengamatan, teman sejawat telah mempelajari lembar observasi pengamatan dan mengetahui apa yang akan diamatinya. Pengumpulan data ini dilakukan pada setiap pertemuan siklus I dan II. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: 1) proses penyederhana data yang dilakukan melalui reduksi data, 2) paparan data, dan 3) penyimpulan. Reduksi dan seleksi, penfokusan, dan pengabstrasian data mentah menjadi informasi yang bermakna. Paparan data adalah proses penampilan data secara lebih sederhana dalam bentuk naratif, sedangkan penyimpulan merupakan proses pengambilan inti sari dari sajian data yang telah terorganisasikan dalam bentuk pernyataan kalimat yang mengantung pengertian luas. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Kemampuan awal siswa kelas VIII3 SMP N 3 Payakumbuh menulis teks berita sebelum penelitian dilakukan, rata-rata tingkat penguasaan siswa kurang (56,15), siklus I rata-rata penguasaan siswa naik menjadi lebih dari cukup 64, 34. Selanjutnya pada siklus II rata-rata kemampuan menulis teks berita siswa dengan teknik peta konsep kelas VIII3 SMP N 3 Payakumbuh siklus II adalah baik (84,5). Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP N 3 Payakumbuh dapat meningkat akibat digunakan teknik peta konsep dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Kemampuan, Teknik Peta Konsep |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:56 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24500 |