Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SDN 02 Sikapak Mudik Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman

Seven, Indra Mai (2011) Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SDN 02 Sikapak Mudik Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_INDRA_MAI_SEVEN_95622_2011.pdf] Text
final_B1_INDRA_MAI_SEVEN_95622_2011.pdf

Download (165kB)

Abstract

Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SDN 02 Sikapak Mudik Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman ditemui permasalahan yang timbul di lapangan dimana tidak efektifnya pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan seperti keterampilan dalam membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan pelajaran dan mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SDN 02 Sikapak Mudik Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa-Siswi SDN 02 Sikapak Mudik Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman Tahun Ajaran 2010/2011 yang terdiri dari siswa kelas IV sebanyak 235 orang yang terdiri dari 98 siswa dan 135 siswi, kelas V sebanyak 204 orang yang terdiri dari 84 siswa dan 120 siswi serta kelas VI sebanyak 200 orang yang terdiri dari 84 siswa dan 116 siswi. Total populasi keseluruhan adalah sebanyak 639 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 10 % dari siswa-siswi kelas IV dan kelas V dengan menggunakan teknik Strata Stratified Purposive Random sampling yaitu siswa kelas IV sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan, kelas V sebanyak 20 orang yang terdiri dari 8 lakilaki dan 12 perempuan. Total keseluruhan 44 orang. Alat pengumpul data dilakukan dengan angket berskala Likert, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui tabulasi frekuensi. Hasil analisis data terhadap masing-masing variabel ditemukan : (1) Persepsi siswa terhadap guru dalam membuka pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” dengan perolehan persentase (54,54%). (2) Persepsi siswa terhadap guru dalam materi pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” yaitu dengan perolehan persentase (58,40%). (3) Persepsi siswa terhadap guru dalam metode pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” yaitu dengan perolehan persentase (52,98%). (4) Persepsi siswa terhadap guru dalam menutup pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” dengan perolehan persentase (52,27%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:53
Last Modified: 16 Sep 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24497

Actions (login required)

View Item
View Item