Zurya, Hidayati (2011) Peningkatan Keterampilan Berdiskusi Melalui Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS)Siswa Kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HIDAYATI_ZURYA_86386_4739_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HIDAYATI_ZURYA_86386_4739_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HIDAYATI_ZURYA_86386_4739_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berdiskusi siswa kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS pada kegiatan berdiskusi siswa, mendeskripsikan peningkatan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi dengan jumlah siswa 40 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah, lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara, Instrument tambahan dalam pengumpulan data ini adalah, foto , serta cacatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan; Pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam dua siklus dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi. Kedua, siswa kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembalajaran Kooperatif Tipe TPS dalam peningkatan keterampilan berdiskusi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif,Tipe TPS (Think-Pair-Share) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:52 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24487 |