Peningkatan Keterampilan Berdiskusi Melalui Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS)Siswa Kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi

Zurya, Hidayati (2011) Peningkatan Keterampilan Berdiskusi Melalui Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS)Siswa Kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HIDAYATI_ZURYA_86386_4739_2011.pdf] Text
final_B1_HIDAYATI_ZURYA_86386_4739_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berdiskusi siswa kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS pada kegiatan berdiskusi siswa, mendeskripsikan peningkatan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi dengan jumlah siswa 40 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah, lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara, Instrument tambahan dalam pengumpulan data ini adalah, foto , serta cacatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisis hasil belajar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan; Pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam dua siklus dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi. Kedua, siswa kelas VIII E SMPN 1 Bukittinggi memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembalajaran Kooperatif Tipe TPS dalam peningkatan keterampilan berdiskusi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif,Tipe TPS (Think-Pair-Share)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:52
Last Modified: 16 Sep 2025 08:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24487

Actions (login required)

View Item
View Item