Sri, Wahyuni (2012) Penyusunan Modul Pembelajaran Berbahasa Inggris Materi Kesetimbangan Kimia untuk Kelas XI SMA RSBI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_SRI WAHYUNI-O5133.pdf [thumbnail of final_B1_8_SRI WAHYUNI-O5133.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_SRI WAHYUNI-O5133.pdf
Download (662kB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran Kimia di R-SMA-BI dituntut menggunakan
media pembelajaran yang mampu meningkatkan kreatifitas dan kemampuan
berfikir siswa sehingga siswa tidak hanya terampil menggunakan bahasa Inggris,
tetapi juga memahami materi kimia yang dipelajari. Penelitian yang dilakukan
termasuk penelitian R & D (Research and Development) yang bertujuan untuk
menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk modul pada materi
kesetimbangan kimia untuk kelas RSBI dan mengetahui tingkat kelayakannya. Uji
kelayakan dilakukan pada siswa kelas XI IPA 3 R-SMA-BI Lubuk Alung,
mahasiswa program ISTE (International Standard Teachers of Education) jurusan
Kimia Universitas Negeri Padang, dan guru kimia R-SMA-BI Lubuk Alung.
Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket yang kemudian
dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Kelayakan dari media yang dibuat
berdasarkan hasil analisis angket dengan skor kelayakan dari angket guru,
mahasiswa dan siswa berturut-turut yaitu 4,55, 4,31 dan 4,38. Selain itu juga
dianalisis tingkat pemahaman siswa pada lembaran kegiatan siswa sebesar
93,40% yang menyatakan siswa dapat memahami materi yang terdapat dalam
modul dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini sangat layak
digunakan pada materi kesetimbangan kimia untuk kelas RSBI baik dari segi isi,
kepraktisan, motivasi maupun tampilan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KESETIMBANGAN KIMIA |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:50 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24479 |