Pengaruh Pembelajaran Make-a Match terhadap Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia di Kelas X SMA N 9 Padang

Dwita, Lidya (2011) Pengaruh Pembelajaran Make-a Match terhadap Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia di Kelas X SMA N 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LIDYA DWITA-86215-2011.pdf] Text
final_B1_LIDYA DWITA-86215-2011.pdf

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa metode konvensional merupakan metode yang umumnya digunakan di sekolah. Kurangnya variasi belajar dalam metoda ceramah yang merupakan salah satu bagian dari metode konvensional mengakibatkan pembelajaran menjadi monoton dan bersifat verbalisme, sehingga hasil belajar siswa rendah. Make-a match merupakan metode pembelajaran dengan menggunakan kartu berwarna yang berfungsi untuk mengulang kembali pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pembelajaran tipe make-a match. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Dalam penelitian ini kelas kontrol (kelas X3 ) belajar dengan metode konvensional sedangkan kelas eksperimen (kelas X2 ) belajar dengan metode konvensional dan make-a match. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kelas yang menggunakan metode konvensional dan make-a match memiliki nilai rata–rata kelas 72,3. Sedangkan kelas yang menggunakan metode konvensional memiliki nilai rata-rata kelas 58,4. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga, hipotesis kerja dapat diterima pada taraf nyata 5%. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa metode make-a match memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MAKE-A MATCH, PEMBELAJARAN MAKE-A MATCH
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:04
Last Modified: 16 Sep 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24476

Actions (login required)

View Item
View Item