Wetmarni, Wetmarni (2013) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas di Taman Kanak-kanak Al Falah Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_WETMARNI_79183_3720_2013.pdf [thumbnail of B1_4_WETMARNI_79183_3720_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_WETMARNI_79183_3720_2013.pdf
Download (324kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum mampunya anak dalam kelenturan
jari jemari tangan, kecepatan gerakan jari jemari tangan, dan koordinasi
kecermatan mata dan tangan di kelompok B4 TK Al Falah Bukittinggi. Penelitian
ini bertujuan untuk melihat gambaran peningkatan kemampuan motorik halus
anak usia dini pada kelompok B4 TK Al-Falah Bukittinggi dalam kemampuan
motorik halus anak yang meliputi : 1) kelenturan jari jemari tangan, 2) kecepatan
gerakan jari jemari tangan, 3) koordinasi dan kecermatan mata dan tangan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilakukan sebanyak dua siklus dengan subjek penelitian anak kelompok B4 TK
Al-Falah Bukittinggi, rentang waktu selama satu bulan dan jumlah pertemuannya
sebanyak tiga kali pertemuan tiap siklusnya. Tiap siklus terdapat empat langkah
penelitian, 1)Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3)Pengamatan, 4)Perenungan. Teknik
pengumpulan data adalah observasi dengan alat pengumpul data pedoman
observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase.
Temuan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan motorik
halus anak, di buktikan dari hasil persentase siklus tentang : 1) kemampuan dalam
kelenturan jari jemari tangan dengan subtansi meniru bentuk lipatan segitiga,
lipatan buku, lipatan rumah, lipatan figura dan lipatan burung, 2) kecepatan
gerakan jari jemari tangan dengan subtansi meniru bentuk lipatan kipas, lipatan
topi, lipatan perahu, lipatan baling-baling, dan lipatan ikan, mengalami
peningkatan dengan baik, 3) koordinasi dan kecermatan mata dan tangan dengan
subtansi meniru bentuk lipatan baju, lipatan payung, lipatan pot bunga, lipatan
bunga, dan lipatan keranjang, juga mengalami peningkatan.
Saran dari penelitian ini agar guru dapat menggunakan metode baru untuk
mewujudkan kemampuan motorik halus dan juga diharapkan kepada pendidik
PAUD dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak, melalui berbagai
media dan metode pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Motorik Halus |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:50 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24474 |