Indrawaty, Indrawaty (2012) Penggunaan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Aripan Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_INDRA WATY 09981.pdf [thumbnail of final_B1_INDRA WATY 09981.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_INDRA WATY 09981.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari temuan di lapangan yang menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Hal ini disebabkan penggunaan pendekatan/metode masih minim dan guru sering menggunakan ceramah dan tanya jawab saja. Sehingga pembelajaran yang diberikan tidak bermakna bagi siswa dan tidak memberikan hasil yang diharapkan serta siswa kurang mengalami pembelajaran yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV di SDN 17 Aripan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN. 17 Aripan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam penggunaan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. yaitu siklus I pertemuan 1 kognitif rata-rata 56,7, afektif rata-rata 6,92, psikomotor rata-rata 7,46 dengan hasil belajar rata-rata 56,7% (K). Pada pertemuan 2 kognitif rata-rata 67,5, afektif rata-rata 8,39, psikomotor rata-rata 8,89 dengan hasil belajar rata-rata 67,5% (C). Pada siklus II terjadi peningkatan, dimana pertemuan 1 kognitif rata-rata 79,2, afektif rata-rata 8,75, psikomotor rata-rata 9,17 dengan hasil belajar rata-rata 79,2% (B). Pada pertemuan 2 kognitif rata-rata 88,75, afektif rata-rata 9,75, psikomotor rata-rata 10,14 dengan hasil belajar rata-rata 88,75% (SB). Dengan demikian penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:04 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24472 |