Lesmana, Lido Sabda (2011) Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi ( KKPI ) pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LIDO_SABDA_LESMANA_65524_2524_2011-elek.pdf [thumbnail of final_B1_LIDO_SABDA_LESMANA_65524_2524_2011-elek.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LIDO_SABDA_LESMANA_65524_2524_2011-elek.pdf
Download (241kB)
Abstract
Dalam pelaksanaan Proses Belajar Mengajar ( PBM ) ada beberapa strategi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di antaranya dengan menggunakan strategi pre-test dan post-test. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X Teknik Audio Video SMK N 1 Koto XI Tarusan dalam Proses Belajar Mengajar. Dengan pemberian pre-test dan post-test untuk menilai mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimum siswa kelas X Teknik Audio Video SMK N 1 Koto XI Tarusan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang terdaftar tahun ajaran 2010/2011 pada mata pelajaran KKPI. Dengan jumlah siswa Teknik Audio Video Kelas 1 60 orang yakni X TAV 1 dengan jumlah siswa 30 orang dan X TAV 2 dengan jumlah siswa 30 orang. Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil tes belajar siswa kelas sampel dan data sekunder diperoleh dari data tentang keadaan dan jumlah siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data tentang hasil belajar siswa adalah teknik tes. Instrumen yang dipakai dalam pengumpulan data adalah soal tes yang di ujikan kepada siswa kelas X jurusan Teknik Audio Audio Video di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Data yang terkumpul dianalisis secara Manual dengan perhitungan uji Normalitas, uji Reliabilitas, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Hasil temuan dari penelitian ini Setelah diberikan Pre test dan Post test pada kelas eksperimen denga tiga kali pertemuan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 78 sedangkan kelas kontrol 72,23. Hal ini membuktikan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Pre-Test dan Post-Test dengan yang menggunakan metode Konvensional pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi ( KKPI ) kelas X TAV SMK N 1 Negeri Koto XI Tarusan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PRE-TEST DAN POST-TEST, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:04 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24470 |