Ruhama, Khairat (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_KHAIRAT_RUHAMA_96797_1100_2016.pdf [thumbnail of B1_01_KHAIRAT_RUHAMA_96797_1100_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_KHAIRAT_RUHAMA_96797_1100_2016.pdf
Download (7MB)
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah pada umumnya belum melibatkan siswa secara aktif dalam mengkonstruksi konsep yang dipelajari. Hal ini menyebabkan pemahaman konsep siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian static group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII6 sebagai kelas eksperimen dan VII1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal esai untuk melihat pemahaman konsep matematika siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik daripada pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 25 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 06:56 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 06:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2447 |