Kontribusi Disiplin dan Interaksi Guru – Siswa di Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Operasi Komputer (MSOK) di SMK Muhammadiyah I Padang.

Nurhadi, Indra (2011) Kontribusi Disiplin dan Interaksi Guru – Siswa di Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Operasi Komputer (MSOK) di SMK Muhammadiyah I Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_INDRA NURHADI-66345-2012.pdf] Text
final_B1_INDRA NURHADI-66345-2012.pdf

Download (180kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Operasi Komputer (MSOK) di SMK Muhammadiyah I Padang adalah ≥ 70 dengan rentang nilai 0 - 100. Kenyataan di lapangan bahwa 66,67 % siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi disiplin dan interaksi guru - siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Operasi Komputer (MSOK) di SMK Muhammadiyah I Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai disiplin dan interaksi guru siswa pada mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Operasi Komputer (MSOK) melalui pengisisan angket, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Operasi Komputer (MSOK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Padang yang berjumlah 30 orang. Sedangkan pengambilan sampel penelitian menggunakan metoda Total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 16.0. Hasil pengolahan data didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-t didapat t sebesar 5,737 sedangkan t sebesar 2,048 dengan df = n - 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan t tabel hitung > t berarti terdapat kontribusi yang signifikansi antar variabel dengan R 2 tabel, (R Square) sebesar 0,540 (2) Hipotesis kedua, hasil analisis uji-t didapat t hitung sebesar 2,741 sedangkan t sebesar 2,048 dengan df = n - 2 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan t berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar variabel dengan R sebesar 0,212 (3) Hipotesis ketiga, dari analisis diperoleh F tabel sebesar 17,948 sedangkan F tabel hitung sebesar 3,354 dengan df 2,(n-k-1), pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan F variabel dengan R hitung 2 > F tabel hitung 2 hitung > t tabel, (R Square) , berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar (R Square) sebesar 0,571. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Disiplin dan Interaksi Guru – Siswa Terhadap Hasil Belajar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:03
Last Modified: 16 Sep 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24467

Actions (login required)

View Item
View Item