Rahmi, Lidia Mustika (2011) Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran PKn dalam Penyelenggaraan Pembelajaran di SMPN 8 Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LIDIA_MUSTIKA_RAHMI_79256__2791_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LIDIA_MUSTIKA_RAHMI_79256__2791_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LIDIA_MUSTIKA_RAHMI_79256__2791_2011.pdf
Download (191kB)
Abstract
Guru yang kompeten merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Oleh sebab itu mutu pendidikan sangat erat kaiatannya dengan mutu kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran. Berhasil tidaknya pembelajaran dan proses pendidikan di sekolah, sebagian besar ditentukan oleh guru, untuk itu guru harus memiliki kompetensi dalam mengelola pembelajaran peserta didik atau disebut dengan kompetensi pedagogik. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PKn dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 8 Sijunjung Kabupaten Sijunjung, dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi berperan serta dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru PKn, kepala sekolah dan beberapa orang siswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang diperoleh diuji keabsahannya dengan menggunakan triungulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan ferification atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PKn di SMPN 8 Sijunjung dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik belum berjalan dengan optimal. Walaupun guru PKn sudah menyampaikan nilai-nilai dan norma-norma dalam bersikap atau bertingkah laku, dengan menggunakan alat pendidikan akan tetapi pemakaian metode masih belum bervariasi dan penggunaan media pembelajarannya belum optimal, kemudian dalam prinsip RPP juga terlihat bahwa tidak adanya pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta guru juga belum melakukan pengambilan keputusan transaksional secara optimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:03 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24461 |