Susanti, Lidia (2011) Pengaruh Penerapan Pre-Test dan Post-Test dalam Model Pembelajaran Listener Team terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa SMA Negeri 4 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LIDIA SUSANTI-84039-2011.pdf [thumbnail of final_B1_LIDIA SUSANTI-84039-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LIDIA SUSANTI-84039-2011.pdf
Download (184kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh banyaknya permasalahan yang ditemui saat proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran yang bersifat teacher centered, motivasi beajar yang rendah dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran biologi mengakibatkan siswa bosan dan tidak fokus dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diberikan motivasi dan variasi dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu penerapan pre-test dan post-test dalam model pembelajaran Listener Team. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pre-test dan post-test dalam model pembelajaran Listener Team hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Bukittinggi Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control-Group Post-test Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Bukittinggi. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf kepercayaan 95% (α=0,05) didapatkan harga t hitung adalah 1,903 dan t tabel adalah 1,67 pada derajat kebebasan 82. Dengan demikian t hitung > t tabel yang berarti hipotesis kerja dapat diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan penerapan pre-test dan post-test dalam model pembelajaran Listener Team berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Bukittinggi
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENERAPAN PRE-TEST, PENERAPAN PRE-TEST, MODEL PEMBELAJARAN LISTENER TEAM, HASIL BELAJAR BIOLOGI |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:02 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24453 |