Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Dengan Menggunakan Pendekatan Komunikatif Bagi Siswa Kelas V SD Teresia Kecamatan Padang Barat Kota Padang.

Taufik, Inawati (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Dengan Menggunakan Pendekatan Komunikatif Bagi Siswa Kelas V SD Teresia Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_INAWATI_TAUFIK_50705_2011.pdf] Text
final_B1_INAWATI_TAUFIK_50705_2011.pdf

Download (210kB)

Abstract

Pembelajaran menulis karangan narasi ekspositoris di Sekolah Dasar kelas V bertujuan agar siswa mampu menulis karangan sederhana berdasarkan gambar foto dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda baca. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Teresia Kecamatan Padang Barat Kota Padang masih rendah. Untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa SD dengan pendekatan komunikatif. Hal-hal yang dilakukan meliputi : (1) perencanaa, (2) pelaksanaan, yang terdiri dari tahap prapenulisan, penulisan, pascapenulisan, dan (3) penilaian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas Rancangan penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, penyusunan perencanaan tindakan, dan (2) kegiatan pelaksanaan penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai pengamat yang disertai dengan instrument penunjang yakni pedoman pengamatan, pedoman pencatatan lapangan, infocus, kamera, dan hasil tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif. Untuk menjaga data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas V SD. Hal ini tercermin dari siklus I tahap prapenulisan, tahap penulisan dan tahap pascapenulisan, kemampuan menulis siswa secara berturut-turut adalah 52,7%, 63,88%, dan 30,55% sehingga didapat rata-rata 49,04%. Sedangkan siklus II kemampuan menulis siswa secara berturut-turut adalah 88,89%, 80,56%, dan 72,22%, sehingga nilai rata-rata 80,55%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas untuk meningkatan kemampuan menulis narasi ekspositoris dengan menggunakan pendekatan komunikatif perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris, Pendekatan Komunikatif
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:02
Last Modified: 16 Sep 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24452

Actions (login required)

View Item
View Item