Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Literatur)

Hakrizal, Fazzila (2020) Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Literatur). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FAZZILA_HAKRIZAL_2432_16004105_2020.pdf] Text
B1_03_FAZZILA_HAKRIZAL_2432_16004105_2020.pdf

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA peserta didik disebabkan oleh beberapa
permasalahan yang ditemui saat berlangsungnya pembelajaran, di antaranya
model pembelajaran yang diterapkan belum melibatkan peserta didik secara aktif
dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan
hasil belajar IPA peserta didik adalah menerapkan model pembelajaran inkuiri
terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing menuntun peserta didik untuk
aktif dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan
untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap
hasil belajar IPA peserta didik.
Penelitian ini menggunakan penelitian studi literatur dengan menelaah
artikel yang terkait dengan model inkuiri terbimbing. Data yang dikumpulkan
adalah data sekunder berupa artikel yang diambil dari berbagai jurnal. Data
dikumpulkan dengan cara mencari penelitian yang terkait dengan model inkuiri
terbimbing dari berbagai jurnal yang ada. Setelah data terkumpul maka dilakukan
analisis deskriptif sesuai dengan tujuan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini
terbukti dari hasil analisis artikel yaitu pembelajaran dengan menggunakan model
inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Model inkuiri
terbimbing ini ternyata dapat meningkatkan aktivitas peserta didik, berfifkir kritis,
motivasi belajar, dan pemahaman konsep, sehingga berdampak pada hasil belajar
IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:47
Last Modified: 16 Sep 2025 05:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24432

Actions (login required)

View Item
View Item