Efektivitas Perencanaan pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Padang

Gusriwati, Gusriwati (2008) Efektivitas Perencanaan pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GUSRIWATI 47904-04-08.pdf] Text
final_B1_GUSRIWATI 47904-04-08.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan bahwa efektivitas perencanaan
pada SMAN 13 padang belum terlaksana dengan efektif. Hal ini terlihat dari fenomena:
dalam penyusunan perencanaan, sekolah tidak melibatkan seluruh stakeholders, visi dan
misi sekolah tidak mendapat respon atau tanggapan dari lingkungan maupun siswa-siswa
serta kepentingan siswa belum tereliasisasi dengan baik karena masih banyaknya keluhan
dari siswa tentang fasilitas yang menunjang proses belajar mengajar. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang efektivitas perencanaan pada SMAN 13
Padang. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah: bagaimana efektivitas
perencanaan pada SMAN 13 padang.
Populasi penelitian adalah seluruh guru SMAN 13 Padang yang bejumlah 45
orang dan besarnya sampel 22 orang. Sampel diambil dengan rumus cohran dengan
penarikan sampel stratified random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket
model skala likert yang sudah teruji validitas dengan rho hasil atau rho xy = 0, 982 pada
taraf kepercayaan 95% dengan N = 10 adalah 0,632 dan reliabilitas dengan r hasil 0, 982
sedangkan r tabel 0, 632. Pengolahan data dilakukan dengan skor rata-rata.
Hasil pengolahan data pada penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas
perencanaan pada SMAN 13 Padang adalah: (1) perumusan visi, menurut responden
sudah efektif, hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata 4,09. (2) Penyusunan misi secara
umum telah efektif dilihat dari skor rata-rata 4,37. (3) Perumusan tujuan secara umum
telah terlaksana dengan efektif dengan skor rata-rata 4,02. (4) Analisis tantangan nyata
secara umum telah terlaksna dengan efektif dengan skor rata-rata 3,96. (5) Menentukan
sasaran secara umum telah terlaksana dengan efektif dengan skor rata-rata 4,14. (6)
Identifikasi fungsi secara umum telah terlaksana dengan efektif dengan skor rata-rata
4,00. (7) Analisis SWOT telah terlaksana dengan efektif, hal ini ditunjukkan dengan skor
rata-rata 4,07. (8) Identifikasi alternatif secara umum telah terlaksana dengan baik, hal ini
ditunjukkan dengan skor rata-rata 4.26. (9) Perumusan rencana secara umum telah
terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 4,27. (10) Penyusunan anggaran telah
terlaksana dengan efektif dengan skor rata-rata 4,31. (11) Evaluasi telah terlaksana
dengan efektif, hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata 4,38. Berdasarkan hasil
penelitian secara umum dapat dikatakan bahwa pengolahan data efektivitas perencanaan
pada SMA negeri 13 padang sudah terlaksana dengan efektif dengan skor rata-rata 4,17.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:46
Last Modified: 16 Sep 2025 05:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24430

Actions (login required)

View Item
View Item