Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 3 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011

Gusriani, Gusriani (2011) Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 3 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GUSRIANI-86172-2011.pdf] Text
final_B1_GUSRIANI-86172-2011.pdf

Download (141kB)

Abstract

Hasil belajar dan motivasi siswa di SMA N 3 Padang masih rendah dalam
pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan siswa masih kurang mampu
memahami konsep dan sulit melihat aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran matematika yang dilaksanakan masih terpusat pada guru, sehingga
siswa belum mampu mengeluarkan ide-ide yang ada dalam pikiran mereka.
Pendekatan yang dapat dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi
adalah melalui penerapan pendekatan realistik matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah hasil belajar matematika siswa
menggunakan pendekatan realistik lebih tinggi daripada hasil belajar matematika
siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (2) Motivasi siswa kelas X
SMA Negeri 3 Padang setelah menggunakan pendekatan realistik lebih baik
dibandingkan dengan motivasi siswa sebelum menggunakan pendekatan realistik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
Randomized Control Only Design untuk melihat hasil belajar dan One Group
Pretest-Posttest untuk melihat motivasi. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X SMA N 3 Padang pada tahun pelajaran 2010/2011 kecuali kelas X1
dan X2 yang merupakan kelas unggul. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah random sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar
dan angket. Tes hasil belajar dan angket dianalisis menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Hasil belajar matematika
siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan realistik matematika lebih
tinggi daripada hasil belajar matematika siswa secara konvensional; (2) Motivasi
belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika setelah menggunakan
pendekatan realistik matematika lebih baik daripada motivasi belajar matematika
sebelum menggunakan pendekatan realistik matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:46
Last Modified: 16 Sep 2025 05:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24427

Actions (login required)

View Item
View Item