Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dan Teknik Kartu Arisan Pada Materi Pokok Hidrokarbon di Kelas X MAN Lubuk Alung

Sari, Putri Rahmita (2012) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dan Teknik Kartu Arisan Pada Materi Pokok Hidrokarbon di Kelas X MAN Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_PUTRI RAHMITA SARI_02028.pdf] Text
final_B1_8_PUTRI RAHMITA SARI_02028.pdf

Download (343kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran sering dijumpai proses pembelajaran yang
didominasi oleh guru atau teacher centered, sehingga aktivitas dan hasil belajar
siswa rendah. Salah satu cara yang dapat dijadikan alternatif adalah menggunakan
pembelajaran kooperatif. Dalam penelitian ini akan dibandingkan dua
pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran kooperatif tutor sebaya (peer
tutoring) dan pembelajaran kooperatif teknik kartu arisan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control
Group Only Postest Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X
yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2011/2012 MAN Lubuk Alung.
Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh
kelas X.D sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan pembelajaran
kooperatif tutor sebaya (peer tutoring) dan kelas X.E sebagai kelas eksperimen 2
yang menggunakan pembelajaran kooperatif teknik kartu arisan. Dari hasil
penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen 1 memiliki nilai rata-rata 74,06
sedangkan kelas eksperimen 2 memiliki nilai rata-rata 63,76 dan aktivitas belajar
siswa pada kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2.
Kemudian dilakukan uji t pada taraf kepercayaan 0,05 dan didapatkan thitung = 3,33
dan ttabel = 1,66. Hasil uji t adalah thitung > ttabel. Hal ini berarti hipotesis penelitian
diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tutor sebaya (peer
tutoring) dan pembelajaran kooperatif teknik kartu arisan pada materi pokok
Hidrokarbon di kelas X MAN Lubuk Alung

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:43
Last Modified: 16 Sep 2025 05:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24422

Actions (login required)

View Item
View Item