Gusnimar, Gusnimar (2011) Kotribusi Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Seni Budaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP N 5 Linggo Sari Baganti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_GUSNIMAR_07313_2011.pdf [thumbnail of final_B1_GUSNIMAR_07313_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_GUSNIMAR_07313_2011.pdf
Download (143kB)
Abstract
Latar belakang peneliti di SMP Negeri 5 Linggo Sari Baganti, terlihat bahwa
persepsi belajar siswa sangat rendah, hal ini terlihat bahwa pada mata pelajaran Seni
Budaya siswa banyak yang tidak menyukai pelajaran Seni Budaya sehingga siswa banyak
keluar pada saat pelajaran berlangsung, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa
rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kontribusi persepsi siswa
tentang pembelajaran Seni Budaya terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Seni Budaya di SMP N 5 Linggo Sari Baganti.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Korelational yaitu penelitian yang
dirancang untuk menentukan tingkat kontribusi variabel-variabel yang berada dalam
suatu populasi yang bertujuan untuk mengetahui berapa besar kontribusi yang variabel
bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII yang terdaftar di SMP Negeri 5 Linggo Sari Baganti tahun ajaran 2010/2011. Sampel
penelitian dilakukan dengan teknik pengambilan sampel (random ordinal). Teknik
pengumpulan data menggunakan angket. Alternatif jawaban untuk pertanyaan Di dalam
pengukurannya setiap indikator variabel, setiap item pertanyaan di sediakan 5 (lima)
alternative jawaban yaitu : Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Ragu-ragu (RR), Tidak Setuju
(TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS). Teknik analisis data menggunakan Korelasional.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa bahwa rata-rata hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Seni Budaya masih kurang dari (KKM) yang telah ditentukan
disekolah yaitu 70 sedangkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata siswa 73,55, hasil
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak karena terdapat
kontribusi persepsi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya karena
rhitung>rtabel (0,398>0,244), hasil analisis r2 menunjukan bahwa 15,84% variabel
motivasi memberikan sumbangan terhadap hasil belajar Seni Budaya siswa kelas VII di
SMP Negeri 5 Linggo Sari Baganti, Sedangkan sisanya 84.16% dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:42 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24417 |