Hasanah, Hidayati (2011) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Antara Penerapan Strategi Question Student Have Yang Diawali Tugas Meringkas Dengan Tanya Jawab Dan Dsikusi di Kelas VIII SMPN 3 Pariaman Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HIDAYATI HASANAH-77448-2011.pdf [thumbnail of final_B1_HIDAYATI HASANAH-77448-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HIDAYATI HASANAH-77448-2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Proses pembelajaran biologi di SMPN 3 Pariaman masih banyak terpusat pada guru yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan motivasi dan keseriusan siswa dalam belajar, maka perlu digunakan strategi dan model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan serta kondisi siswa. Salah satu strategi pembelajaran tersebut adalah pemberian tugas meringkas dengan pembelajaran tanya jawab dan diskusi dalam model pembelajaran QSH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa antara penerapan QSH yang diawali tugas meringkas dengan tanya jawab dan diskusi di kelas VIII SMPN 3 Pariaman tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan the static comparation. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun 2010/2011 sebanyak 6 kelas, sedangkan sampel adalah kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII sebagai kelas eksperimen II yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 40 buah yang telah diuji cobakan. Teknik analisis data yang dipakai adalah uji-t. Dari uji hipotesis yang digunakan pada taraf nyata (α = 0,05) didapatkan harga t hitung sebesar 3,90 dan harga t sebesar 1,67 pada derajat kebebasan 77. Dengan demikian t hitung > t tabel tabel , yang berarti hipotesis kerja dapat diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang berarti antara penerapan strategi QSH diawali tugas meringkas dengan tanya jawab dan diskusi di kelas VIII SMPN 3 Pariaman tahun pelajaran 2010/2011. Dengan kata lain pembelajaran yang menggunakan strategi QSH diawali tugas meringkas lebih baik dari strategi QSH dengan metode diskusi dan tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Biologi,Strategi QSH,Tugas meringkas |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:39 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24416 |