Gusnihar, Gusnihar (2009) Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di SMP N 2 Sijunjung Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_GUSNIHAR 69592-05-09.pdf [thumbnail of final_B1_GUSNIHAR 69592-05-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_GUSNIHAR 69592-05-09.pdf
Download (135kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah yang menunjukkan bahwa
peserta didik dalam pembelajaran matematika mengalami kesuntukan, kebosanan
dan kejenuhan, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat pelaksanaan pembelajaran matematika di SMP N 2 Sijunjung khusus
kelas VII-2 mulai dari kegiatan guru dalam persiapan pembelajaran, tahap
pelaksanaan pembelajaran, kegiatan siswa dalam belajar, ketersediaan sarana dan
prasarana khususnya media dalam pembelajaran matematika dengan fokus
penelitian bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika di SMP N 2
Sijunjung, dengan pokok bahasan himpunan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif,
karena peneliti berusaha mengungkap dan melihat pembelajaran matematika
di SMP N 2 Sijunjung Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi (pengamatan), interview (wawancara), studi dokumentasi, alat
pengumpul data adalah peneliti sendiri sebagai alat pengumpul data utama.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bidang studi matematika, siswa
kelas VII, waka kurikulum serta sumber lain yang dianggap relevan.
Temuan penelitian yang diperoleh sebagai berikut: pada tahap persiapan
pembelajaran matematika guru sudah membuat persiapan mengajar sebagaimana
mestinya. Pada tahap pelaksanaan, guru telah melakukan kegiatan pendahuluan
sesuai dengan yang direncanakan, tetapi pada pelaksanaan pembelajaran guru
kurang menggunakan metode yang relevan, guru kurang memberikan waktu untuk
bertanya kepada siswa. Begitu juga media yang digunakan kurang relevan dengan
materi yang diberikan kepada siswa, guru tidak memberikan reaword dan ganjaran
kepada siswa. Hal itu terlihat dari hasil belajar sebagian siswa masih rendah
ditandai dengan nilai akhir siswa banyak dibawah standar ketuntasan belajar yaitu
6,5. Kegiatan siswa dalam pembelajaran matematika kurang aktif, karena siswa
malas mengola angka-angka, matematika membutuhkan konsentrasi tinggi. Pada
tahap kegiatan penutup guru sudah melaksanakan seperti yang seharusnya.
Ketersediaan sarana dan prasarana sudah memadai dan mendukung kegiatan
pembelajaran matematika di SMP N 2 Sijunjung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:42 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24414 |