Gusniati, Gusniati (2008) Gambaran Pengelolaan Program Pada Lembaga Kursus Excinto Course Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_GUSNIATI 31548-01-08.pdf [thumbnail of final_B1_GUSNIATI 31548-01-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_GUSNIATI 31548-01-08.pdf
Download (162kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan lembaga Excinto Course
Kota Padang yang memperoleh keberhasilan dari segi kualitas atau mutu lulusan.
Salah satu faktor penyebab keberhasilan tersebut adalah pengelolaan program
yang baik. Untuk mengetahui kebenaran ini dibutuhkan penelitian lebih lanjut.
Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk melihat gambaran pengelolaan program
pada lembaga Excinto Course, khususnya gambaran tentang perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Reponden
adalah 1 orang direktur, 1 orang manajer operasional, dan 7 orang instruktur.
Teknik pengumpulan data adalah wawancara. Alat pengumpulan data adalah
pedoman wawancara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Formula yang digunakan untuk menghitung persentase adalah P = ×100
N
f %.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan dilakukan mencakup aspek
keuangan/dana, sumber belajar, waktu belajar, penambahan jumlah warga belajar
dan instruktur, serta sistem evaluasi. Perencanaan dilakukan secara musyawarah
dengan berbagai pihak, 2) Pengorganisasian mencakup pada pengorhanisasian
kelompok belajar dan pengorganisasian instruktur yang dilakukan untuk
menciptakan pembagian tugas yang jelas, 3) Pelaksanaan program dilihat melalui
kegiatan proses pembelajaran dan tata tertib/disiplin. Kegiatan proses
pembelajaran dilakukan dengan mengikuti aturan yang ditetapkan. Tata tertib
diterapkan pada waktu belajar dan kehadiran warga belajar, 4) Evaluasi dilakukan
untuk mengetahui data atau informasi tentang hasil belajar yang diperoleh warga
belajar. Sasaran dari pelaksanaan evaluasi ini adalah warga belajar.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada pihak
pengelola agar dapat mengelola kegiatan dengan lebih baik lagi agar mampu
meningkatkan prestasinya. Selain itu, dalam melakukan evaluasi, sebaiknya
evaluasi tidak hanya dilakukan pada saat proses pembelajaran sudah berakhir,
tetapi juga dilakukan pada awal pembelajaran dan saat pembelajaran sedang
berlangsung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 05:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 05:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24406 |